Selasa, 13 Mei 2014

Pentingnya Teknologi Informasi Bagi Manajemen Sistem Informasi


Peran utama aplikasi sistem informasi dalam bisnis adalah untuk memberikan dukungan yang efektif atas strategi perusahaan agar dapat memperoleh keunggulan kompetitif.
Peran strategis SI ini melibatkan penggunaan TI untuk mengembangkan berbagai produk, layanan, dan kemampuan yang memberikan perusahaan keunggulan besar atas tekanan kompetitif dalam pasar global. Hal ini menciptakan sistem informasi strategis, SI yang mendukung atau membentuk posisi kompetitif dan strategi dari perusahaan bisnis. Jadi, SI strategis dapat berupa SI apapun (TPS, SIM, DSS, dan lain-lain) yang menggunakan TI untuk membantu organisasi memperoleh keunggulan kompetitif, mengurangi kelemahan kompetitif, atau untuk memenuhi tujuan strategis perusahaan lainnya.
Perusahaan dapat bertahan hidup dan berhasil dalam jangka panjang hanya jika perusahaan tersebut berhasil mengembangkan strategi untuk menghadapi lima tekanan kompetitif yang membentuk struktur persaingan dalam industrinya.
Dalam model klasik Michael Porter mengenai strategi kompetitif, bisnis apapun yang ingin bertahan hidup dan berhasil harus mengembangkan dan mengimplementasikan berbagai strategi untuk secara efektif mengatasi : 1. Persaingan dari para pesaing dalam industrinya 2. Ancaman pemain baru dalam industri dan pasarnya 3. Ancaman yang dihadapi karena adanya produk pengganti yang dapat mengambil pangsa pasar 4. Daya tawar pelanggan 5. Daya tawar pemasok
Strategi dasar penggunaan teknologi informasi dalam bisnis 1. Strategi kepemimpinan dalam biaya • Penggunaan TI untuk mengurangi secara mendasar biaya proses bisnis • Penggunaan TI untuk menurunkan biaya pelanggan atau pemasok 2. Strategi diferensiasi  Mengembangkan berbagai fitur TI baru untuk melakukan diferensiasi produk dan jasa  Menggunakan berbagai fitur TI untuk mengurangi keunggulan diferensiasi para pesaing  Menggunakan berbagai fitur TI untuk memfokuskan diri pada ceruk pasar yang dipilih
1
3. Strategi inovasi  Membuat produk dan kasa baru yang memasukkan berbagai komponen TI  Mengembangkan pasar baru atau ceruk pasar yang unik dengan bantuan TI  Membuat perubahan radikal atas proses bisnis dengan TI yang secara dramatis akan memangkas biaya, meningkatkan kualitas, efisiensi, atau layanan pelanggan, atau mempersingkat waktu ke pasar 4. Strategi pertumbuhan  Menggunakan TI untuk mengelola perluasan bisnis secara regional dan global  Menggunakan TI untuk mendiversifikasi serta mengintegrasikan produk dan jasa lainnya 5. Strategi persekutuan  Menggunakan TI untuk membuat organisasi virtual yang terdiri dari para mitra bisnis  Mengembangkan SI antar perusahan yang dihubungkan oleh internet dan ekstranet yang akan mendukung hubungan bisnis strategis dengan para pelanggan, pemasok, subkontraktor, dan pihak-pihak lainnya
Strategi Perusahaan Penggunaan Strategis TI Manfaat bisnis
Kepemimp- inan biaya
Dell Computer Perakitan berdasarkan pesanan online
Produsen berbiaya paling rendah Priceline.com Penawaran penjual secara online Penetapan harga yang diten- tukan pembeli eBay.com Lelang online Harga berdasarkan lelang
Diferensiasi
AV/NET Marshall E-commerce pelanggan/ pemasok Meningkatkan pangsa pasar Moen Inc. Desain untuk pelanggan secara online Meningkatkan pangsa pasar Consolidated Freight- ways Penelusuran pengiriman barang pelanggan secara online Meningkatkan pangsa pasar
Inovasi
Charles Schwab & Co Perdagangan saham dengan diskon secara online Memimpin pasar Federal Express Penelusuran paket dan manaje- men penerbangan secara online Memimpin pasar Amazon.com Sistem layanan penuh untuk pelanggan secara online Memimpin pasar
Pertum- buhan
Citicorp Intranet global Meningkatkan pasar global Wal-Mart Pemesanan barang dagangan melalui jaringan satelit global Memimpin pasar Toys 'R' us, Inc. Penelusuran persediaan melalui POS Memimpin pasar
Persekutuan
Wal-Mart / Procter & Gamble
Pengisian persedian secara otomatis oleh pemasok
Mengurangi biaya persedi- aan/ meningkatkan pen- jualan Cisco System Persekutuan manufaktur virtual Memimpin pasar secara linc- ah Staples, Inc. and Part- ners Belanja satu tempat secara on- line dengan para mitra Meningkatkan pangsa pasar
Strategi kompetitif lainnya seperti :
2
a. “Mengunci” pelanggan dan pemasok di dalam (locking-in customers and suppliers) Dengan cara membangun hubungan baru yang bernilai dengan pelanggan dan pemasok. b. Membangun biaya perpindahan (Switching cost) Dengan cara membuat pelanggan atau pemasok tergantung pada penggunakan atas SI antar perusahaan yang inovatif dan saling menguntungkan. c. Meningkatkan halangan masuk (Barriers to entry) Dengan cara meningkatkan jumlah investasi atau kerumitan teknologi yang dibutuhkan untuk bersaing dalam industri atau dalam suatu segmen pasar. d. Mendorong investasi dalam TI Dengan cara mengembangkan berbagai produk dan jasa baru yang tidak akan mungkin dihasilkan tanpa kemampuan TI yang kuat
Salah satu dari implementasi paling penting dari strategi kompetitif adalah Business Process Reengineering (BPR) sering kali disebut sebagai perekayasaan ulang.
Perbedaan BPR dengan perbaikan bisnis Perbaikan Bisnis BPR Tingkat perubahan Sedikit demi sedikit Radikal
Perubahan proses
Proses versi baru yang telah diperbaiki
Proses yang sama sekali baru Point awal Proses yang telah ada Lembar baru Frekuensi peruba- han Sekaligus atau terus menerus Perubahan periodik sekaligus Waktu yang dibu- tuhkan Sebentar Lama Lingkup umum Sempit, dalam berbagai fungsi Luas, lintas fungsi Horizon Dulu dan sekarang Masa depan Partisipasi Dari bawah ke atas Dari atas ke bawah Jalur ke pelak- sanaan Budaya Budaya, struktur Pelaksana utama Pengendalian statistik TI Resiko Sedang Tinggi
Perusahaan virtual (korporasi virtual atau organisasi virtual) adalah organisasi yang menggunakan TI untuk menghubungkan banyak orang, organisasi, aktiva, dan ide.
Strategi perusahaan-perusahaan virtual • Saling berbagi infrastruktur dan resiko dengan mitra aliansi • Menghubungkan kompetensi inti yang saling melengkapi • Mengurangi waktu konsep-ke-kas (Concept-to-cash time) melalui saling berbagi
3
• Meningkatkan fasilitas dan cakupan pasar • Mendapatkan akses ke pasar yang baru dan saling berbagi pasar atau loyalitas pelanggan • Bermigrasi dari menjual produk ke menjual solusi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar