Selasa, 13 Mei 2014

Mengelola Teknologi Informasi Enterprise dan Teknologi Informasi Global


Mengelola Teknologi Informasi Enterprise dan Teknologi Informasi Global
Internetworked e-business versus conventional organization  
Sebelum E-Organization E-Organization
Struktur organisasi
 Hirarki   Perintah dan kontrol
Tidak terpusat, bersatu dalam jaringan  Struktur yang fleksibel dan mudah dimodifikasi
Kepemimpinan
Memilih seorang pemimpin secara spesifik  Pemimpin yang menentukan agenda  Pemimpin mempunyai kuasa penuh
Setiap orang adalah pemimpin  Pemimpin menciptakan lingkungan yang sukses  Pemimpin menciptakan kemungkinan untuk berubah
Orang dan kultur
Imbalan jangka panjang  Pengambilan keputusan secara langsung  Indivdual dan tim kecil yang mempunyai balas jasa
 
Prinsip Ciptakan karir anda sendiri
 
Otoritas yang didelagasikan  Kolaborasi yang diharapkan dan mendapat imbalan
Pengetahuan
 Fokus pada proses internal   Individual
 Fokus pada pelanggan  Institusional
Aliansi
Penyelesaian terhadap perbedaan yang ada
 Menciptakan nilai baru dan outsource pelayanan yang tidak kompetitif  Berjalan seiring dengan kompetitor, pelanggan dan pemasok

Struktur Organisasi dalam suatu e-business enterprise    
Pengelolaan TI Global
  



Tantangan kultur, politik dan Geoeconomic  
Tantangan Politik Contoh :  banyak negara mempunyai regulasi peraturan atau pelarangan transfer data seperti data personnel dari dan ke negaranya;   ada yang melarang impor hardware dan software;   ada yang menetapkan undang-undang menyangkut local content ;   pengenaan pajak yang tinggi.  
Tantangan Geoekonomi. Merupakan pengaruh geografi terhadap realitas ekonomi dari aktifitas bisnis internasional. Misal perbedaan kualitas telepon, perbedaan zona waktu, perbedaan biaya tenaga kerja.  Tantangan Kultural. Termasuk di sini adalah perbedaan bahasa, agama, cultural interests, adat, kebiasaan sosial.  
Strategi Bisnis dan TI Global  
Bisnis/perusahaan global adalah suatu bisnis yang dikendalikan melalui strategi global sehingga semua aktivitasnya direncanakan dan diimplementasikan dalam konteks sistem mendunia.   TI global adalah pemanfaatan berbagai bentuk TI untuk mendukung operasi dan manajemen dari bisnis global.  Contoh Bisnis Global adalah IBM, Microsoft, dll  Strategi Multinasional: subsidiari asing beroperasi secara otonomi   Strategi Internasional: subsidiari asing beroperasi secara otonomi, namun tergantung pada pusat untuk inovasi baru   Strategi Global: operasi di seluruh dunia dikelola oleh pusatnya   Strategi Transnasional: pengintegrasian kegiatan bisnis global melalui kerjasama dan interdependensi antara pusat, operasi, dan subsidiari internasional, serta pemanfatan TI global.  
Strategi Internasional Definisi 'internasional' : menyangkut bangsa atau negeri seluruh dunia; antarbangsa; (http://www.artikata.com/arti-330928-internasional.html)  
Karakteristik Bisnis adalah :  Operasi otonom  Spesifik wilayah  Integrasi vertikal  Pelanggan spesifik
Produksi dikontrol pusat  Segmentasi pelanggan menurut wilayah  
Karakteristik TI  Standalone system  Desentralisasi tanpa standar   Sangat tergantung pada tampilan muka (interface)  Multiple sistem, tingginya redundansi dan duplikasi dalam layanan dan operasi  Kurangnya keseragaman sistem dan data
Manajemen & Sistem Informasi Manajemen 2, Pertemuan Ke-11
Noviyanto Halaman 4
Strategi Global Definisi 'global' : 1 secara umum dan keseluruhan; secara bulat; secara garis besar; 2 bersangkut paut, mengenai, meliputi seluruh dunia; (http://www.artikata.com/arti-80569-global.html)  
Karakter Bisnis  Sumber yang global  Multiregional  Integrasi horizontal  Transparansi dalam pelanggan dan produksi  
Karakteristik TI  Desentralisasi regional   Tergantung pada interface  Konsolidasi dalam sebagian aplikasi-aplikasi dan pemanfaatan sistem2 yang berlaku umum  Mengurangi terjadinya operasi yan g berulang  Sebagai teknologi Informasi standar di seluruh dunia
Strategi Transnasional Definisi 'transnasional' : Berkenaan dengan perluasan atau keluar dari batas-batas Negara (http://www.artikata.com/arti-355032-transnasional.html)  
Karakter Bisnis  Operasi virtual melalui aliansi global  Pasar dunia dengan penyesuaian yang lebih luas  Layanan order dan layanan pelanggan secara global  Transparansi dalam produksi  
Karakteristik Teknologi Informasi  Konsolidasi secara logikal, terdistribusi secara fisik, terhubung dalan jaringan  Sumber data global bersama  Sistem-sistem terintegrasi  Aplikasi internet, intranet, dan ekstranet  Kebijaksanaan dan standar Teknologi Informasi secara transnasional
Bisnis Global dan Aplikasi TI  Pelanggan global: merupakan orang-orang yang mungkin travel kemana saja atau perusahaan yang mempunyai operasi global. TI global dapat membantu menyediakan layanan cepat dan nyaman.   Produk global: sama di seluruh dunia, dirakit melalui subsidiari. TI membantu mengelola pemasaran dan pengawasan mutu di seluruh dunia.   Operasi global: sebagian dari produksi atau proses perakitan diserahkan kepada subsidiari. TI membantu misalnya dalam hal fleksibilitas menurut geografi.   Sumberdaya global: subsidiari dapat menggunakan peralatan, fasilitas, dan SDM secara bersama. TI membantu mengawasi seluruh sumberdaya yang dimanfaatkan bersama.   Kolaborasi global: pengetahuan dan keahlian dari semua rekan dalam suatu perusahaan global dapat diakses dan di-share dengan mudah dan cepat. Hanya TI global yang dapat memungkinnya.
Manajemen & Sistem Informasi Manajemen 2, Pertemuan Ke-11
Noviyanto Halaman 5
Infrastruktur TI Global  Merupakan suatu arsitektur hardware, software, dan telecommunications network yang terintegrasi di seluruh dunia.   Harus mempertimbangkan berbagai restriksi pada berbagai negara subsidiari.   Meningkatnya penggunaan Internet dan teknologi web untuk menciptakan aplikasi global guna memenuhi kebutuhan bisnis global.   Seringkal memanfaatkan sistem integrator untuk mengelola operasinya di luar negeri.  
Issu Data Global  Issu utama adalah transborder data flow (TDF) dimana data bisnis mengalir menyeberangi batas-batas negara melalui jaringan telekomunikasi.   Beberapa kendala yang timbul adalah :  Dianggap melanggar regulasi ekspor dan impor  Transfer data pribadi dianggap melanggar legislasi privasi  Adanya proteksi khusus terhadap TI lokal maupun pekerjaan lokal  Perlunya manajemen dan standarisasi data global  Adanya perbedaan bahasa, dan budaya
Pengembangan Sistem Global  Seringkali terdapat konflik antara kebutuhan sistem lokal versus sistem global, dan kesulitan dalam menyepakati fitur umum sistem yang dipakai bersama.   Diperlukan antara lima sampai 10 kali lebih lama untuk mencapai kesepakatan mengenai kebutuhan sistem jika user dan developernya datang dari berbagai negara.   Strategi :  Memilih aplikasi terbaik dari semua subsidiari untuk digunakan sebagai aplikasi global   Membentuk tim pengembang multinasional yang mewakili berbagai subsidiari.   Pengembangan parallel, dimana masing-masing subsidiari mengerjakan bagian interface- nya masing-masing   Menunjuk center of excellence, dimana subsidiari tertentu yang lebih berpengalaman ditunjuk untuk mengembangkan sistem.   Global mind-set: membantu seluruh karyawan untuk memahami sistem global pada masa-masa transisi.   Lokal: kita harus merasa sebagai perusahaan lokal pada setiap negara subsidiari.   Sistem tunggal: kita harus mengoperasikan perusahaan sebagai satu sistem terintegrasi.   Sumberdaya manusia: kita harus memanfaatkan sdm lokal sebaik-baiknya  Basis informasi dan pengetahuan: kita harus meng-create organisasi berbasis informasi dan pengetahuan.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar